Jumat, 18 Januari 2013

Bank & Lembaga Keuangan "World Bank"



BAB I
PENDAHLUAN

1.1  Latar Belakang Lembaga Keuangan Internasional
Lembaga Keuangan Internasional didrikan untuk menangani masalah-masalah keuangan yang bersifat Internasional, bak berupa bantuan pinaman atau bantuan lainnya. Pemberian bantuan yang dilakukan oleh Lembaga Keuangan Internasional dapat bersiat lunak artnya dengan suku bunga rendah dan angka wakt pengembaliannya relati panjang. Kemudian bantuan Internasional juga dilakukan dengan tujuan komersil, yang biasanya  dilakukan oleh Lembaga Keuangan Internasional Swasta.
Adapun Lembaga Keuangan Internasional yabg akan saya bahas adalah Bank Dunia (World Bank). Bagian-bagian yang akan dbahas dalam Bank Dunia (World Bank) adalah sebagai berikut:
a.       Sejarah Bank Dunia (World Bank)
b.      Fungsi Utama Bank Dunia (World Bank)
c.       Keanggootaan Bank Dunia (World Bank)
d.      Kriteria dasar membuat keputusan dalam memberian pinjaman
e.       Negara yang dapat meminjam
f.       Proses Pengidentifiasan Proyek


 BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Bank Dunia (World Bank)
            Pada awal Perang Dunia 11 ahli-ahli keangan dari gabungan beberapa Negara, menganggap bahwa setelah Perang Dunia 11 akan membawa pengaruh adanya ebutuhan atas peraturan-peraturan mengenai kerja sama internasional untuk memecahan ,asalah dalam hal moneter dan permasalahan-permasalahan keuangan lainnya.
            Dengan adanya beberapa pertemuan yang diselenggakan oleh gabungan beberapa Negara, pada bulan uli 1944, 44 buah Negara mendirikan United Nations Monetary and Financial Conference di Bretton Woods New Hampshire, USA. Pada konferensi ini di canangan Anggaran Dasar yaitu dengan terbentknya dua Lembaga Keuangan Internasional :
1.      IMF (nternational Monetary Fund)
2.      IBRD (International Bank for Reconstctions and Development) emudian lebih dkenal dengan Bank Dunia (World Bank)
            Pada tahun 1945 Anggran Dasar PBB diedaran kepada 44 buah Negara untu disahkan. Akhrnya Anggran Dasar tersebut diberlakukan pada tanggal 27 Desember 1945, setelah ditandatangani oleh 28 negaa di Washington D.C. selruh Negara yang akti di konferensi Brettin Wood, menadi anggota dari kedua lembaa tu, kecuali Uni Soviet. Bank Duna mulai beroperasi 25 Juni 1946.
            Bank Dunia didirikan sebagai Lembaa Investasi Internasional jenis baru untuk memberikan atau meminjam kredit-redt yang ditujukan unt proyk-proyek reonstruksi dan pertumbuhan yang produktif. Dana untuk itu berasal dari modal Bank Dunia sendiri, yang terdiri dari kontribusi pemerintah Negara-negara asing dan melalu mobilisasi modal swasta.
Bank Dunia juga merupakan organisasi antar pemerintah (intergovermental) yang mendasarkan pada Pasar-pasar Modal didunia untuk sumber euangannya. Fasilitas kredit yang dberkan oleh Bank Dunia pertama kali dilaksanakan tahun 1947 dan berjumlah US $ 500 juta untuk Program Rekonstruksi di empat Negara Eropa.
Semula sumber-sumber yang dimiliki oleh Bank Dunia ditujukan untuk membantu proses rekonstruksi bagi Negara-negara yang menderita karena perang. Dengan kemajuan Marshall plan dari Amerrika Serikat pada tahun 1948 bank dunia mengalihkan usahanya terutama ditujukan untuk kegiatan pembangunan.
2.2 Fungsi Utama Bank Dunia
      Tugas prinsip dari Bank Dunia saat ini adalah memberikan pinjaman untuk proyek-proyek produktif demi pertumbuhan ekonomi di Negara-negara sedang berkembang yang menjadi anggotanya.
Bank Duniamemiliki 2 keanggotaan yaitu :
1.      IFC (International Finance Corporation) yang memulai kegiatannya pada tahun 1956. Kegiatan lembaga ini dalam rangka memberikan bantuan kepada sector-sektor swasta di Negara berkembang.
2.      IDA (International Development Association) yang memulai kegiatannya pada tahun 1960. Kegiatannya sama dengan IFC, hanya bantuan lebih ditujukan kepada Negara miskin dan persyaratan pinjaman yang lebih mudah. IDA juga turut mensposori kegiatan ICSID (International for the Settelement Investment Development).
2.3 Keanggotaan Bank Dunia
Dewan komisaris memiliki kekuasaan mengakui anggota-anggota baru Bank Dunia.. Sebelum semua terlaksana, Negara tersebut harus menjadi anggota IMF (International Monetary Fund), yang meliputi perjanjian untuk mengamati peraturan praktek Keuangan Internasional. Pada tahun 1969 Bank Dunia memiliki 112 negara anggota.
2.4 Kriteria Dasar membuat Keputusan dalam Memberikan Pinjaman
Kecuali dalam hal khusus, pinjaman yang diberikan oleh Bank Dunia harus ditujukan untuk proyek tertentu di Negara anggota atau di wilayah yang diawasi oleh Negara anggota. Tetapi harus ada jaminan yang dapat dipercya bahwa pinjamn akan dilunasi dan pinjaman tersebut tidak akan merupakan beban bagi perekonomian Negara peminjam.
2.5 Negara yang Dapat Meminjam
            Bank Dunia dapat memberiksn pinjsmsn kepada Pemerintah Negara-negara anggota atau kepada Organisasi Pemerintah/Swasta yang dijamin oleh Pemerintah tempat proyek yang dibiayai itu berada. Persyaratan jaminan tercantum dalam Anggaran Dasar Bank Dunia.
            Pinjaman yang diberikan oleh Bank Dunia umumnya meliputi sebagian atau keseluruhan jumlah biaya-biaya proyek yaga diusulkan dalam valuta asing, namun dapat juga dalam mata uang local Negara yang bersangkutan.
2.6 Proses Pengidentifikasian Proyek
            Suatu Negara anggota dapat mengajukan usulan proyek pada Bank Dunia, kemudian Bank Dunia mengirimkan misi untuk mengamati dan memberikan saran, dapat juga Bank Dunia mengidentifikasi proyek-proyek yang sesuai. Informasi yang mendasar dari seluruh sector perekonomian suatu Negara, misalnya transportasi, pertanian, industry, dll. Sangat penting bagi proses mengidentifikasikan proyek dan menentukan prioritas investasi.

BAB III
KESIMPULAN

Bank Dunia didirikan dengan tujuan untuk memecahkan masalah-masalah Internasional terutama yang berkaitan dengan masalah moneter dan keuangan lainnya. Kegiatan utamanya untuk membantu proses rekonstruksi bagi Negara yang menderita karena Perang Dunia II. Selanjutnya kepada pemberian bantuan pinjaman dalam rangka membantu Negara berkembang yang menjadi anggota Bank Dunia.
Pinjaman yang dibiayai oleh Bank Dunia hanya ditujukan untuk proyek yang produktif. Dewasa ini jenis bantuan yang dapat dibiayai oleh Bank Dunia mulai dari pembangunan jalan, pembangkit listrik, pembangunan pelabuhan, telekomunikasi, pengembangan dunia, pendidikan dan bidang lainnya sesuai dengan tujuan Bank Dunia.
Sumber dana Bank Dunia di peroleh dari Bank Dunia sendiri, pemerintah asing dan modal swasta. Asal mula Bank Dunia adalah dari International Bank for Reconstruction and Development (IBRD). Pendirian Bank Dunia taun 1945 bersamaan dengan IMF dan mulai melakukan kegiatannya tahun 1946. Kemudian persyaratan untuk menjadi anggota Bank Dunia terlebih dahulu harusa menjadi anggota IMF dan persyaratan lainnya.




1 komentar: